10 Tempat Wisata Menarik di Jangkat

shares

Bagi yang ingin berwisata di Jambi. Kabupaten Jangkat Merangin bisa menjadi tujuan Anda. Nuansa Alam sejuk, alami dan indah bisa Anda rasakan. Berikut 10 Tempat Wisata Menarik di Jangkat :

1.Danau Dipati Empat

Mungkin semua tahu, Danau yang ada di Ketinggian yang ada di Gunung Semeru. Ternyata di Jambi juga ada danau di ketinggian yang terletak di Kecamatan Jangkat, Kabupten Merangin. Danau ini berada di ketinggian 1.200 Mdpl.
Danau ini berada di kawasan perbukitan yang menawarkan kesejukan alam dan pemandangan yang menyejukkan mata.
Danau ini juga dihiasi dua gunung kembar, yaitu bukit Pandan dan bukit Pandan Bungsu. Akses mencapai lokasi dapat ditempuh menggunakan mobil, dengan jarak sekitar 120 km dari Kota Bangko menuju Desa Pulau Tengah. Setelah sampai di lokasi, ada dua pilihan jalur jalan kaki yang harus dilewati. Pertama dari Desa Pulau Tengah menuju Danau Depati Empat dengan jarak 9 km, atau jalur kedua Dari Dusun Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, menuju Desa Rantau Kermas dengan jarak 12 km.


2.Danau Pauh

Danau ini merupakan danau yang kaya akan panorama yang indah. Kaya akan flora dan fauna dan merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat. Jika Anda ke Jangkat danau ini dapat menjadi tempat Anda menenangkan diri sambil menikmati panorama alam. Anda bisa duduk di atas rakit ataupun bermain perahu, asalkan Anda bisa berenang.

3.Danau Kecil

Danau ini terletak 4 kilometer dari desa pulau tengah kecamatan jangkat. Letaknya dikelilingi hamparan sawah yang tertata rapih dengan sistem terasiring, malah membuat danau ini laksana colloseum di Roma.Tak terbayangkan indahnya, bila padi yang terdapat di sekeliling danau kecil tersebut mulai menguning. Pastipemandangan yang tercipta sulit tertandingi.

4.Air terjun Sigerincing

Air terjun ini memiliki ketinggian 62 meter. Berada di desa tuo kecamatan Jangkat. Air terjun ini bersumber dari sungai siau yg berulu di gunung masurai. airnya masih jernih dan dapat diminum langsung tanpa di masak, di bawah air terjun ini juga terdapat lubuk larangan yg terdapat beberapa spesies ikan. jika ingin ke air terjun segerincing ini kita tidak perlu capek-capek atau penat bahaso dusun tuo nyo karena kenderaan roda 4 dan 2 sudah bisa mencapai kepala air terjun ini, air terjun ini juga cocok untuk tempat liburan keluarga, dengan banyak batu2 besar di sekitar air terjun ini yg bisa di jadikan untuk tempat santai dan makan-makan.

5.Air terjun Mentenang

Air terjun ini menawarkan air jernih dan udara sejuk. Terletak di Muaro Madras. Air terjun ini sangat menarik untuk dikunjungui.

6.Air terjun Talang Tembago

Sesuai dengan namanya. Air terjun ini terletak di Desa Talang Tembago, Jangkat. Sama dengan Air terjun yang terdapat di Jangkat lainnya. Panorama air terjun di sini sangat Indah dan Sejuk.

7.Air terjun Rantau Suli
Air terjun ini di jadikan sumber energi bagi masyarakat desa. Walaupun tidk terlalu tinggi, air terjun ini dapat membuat Anda merasakan sensasi liburan ala desa.

8.Al quran tulisan tangan di Muara Madras dan Makam Tokoh Islam

Belum banyak yang tahu, apa lagi masuk dalam lembaran Sejarah Perkembangan Agama Islam, datang ke Indonesia. Jangkat, memiliki Al-Qur’an,  tulisan tangan. Itu, ada disini, di Desa Muara Madras, Kecamatan Jangkat, Kabupaten  Merangin.Memang belum jelas, dan diketahui pasti sudah berapa umur Al-Qur’an yang menjadi Pusaka Masyarakat Muara Madras. Kondisinya, Al-Qur’an ini. Memang, sudah termakan usia dan lusuh. Tapi, Lembaran Al-Qur’an,  tidak  lagi putih bersih, seperti mushaf cetakan mesin modern umumnya. Namun, seluruh huruf dan tulisannya masih terbaca, sebagaimana aslinya.

9.Gunung Masurai

Gunung Masurai adalah Gunung yang  terletak dalam tiga wilayah Kecamatan dalam Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, yaitu Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Jangkat dan Kecamatan Sungai Tenang. Untuk menuju lokasi ini memerlukan waktu 6 jam setengah dari kota Bangko.Gunung ini disebelah barat daya dari Kota Bangko dengan jarak sekitar 110 km. Gunung ini memiliki dua buah danau vulkanik, yaitu Danau Kumbang  dan Danau Mabuk.Pada sebalik gunung ini pula, memancarkan beberapa sumber mata air. Adalah yang telah dikenal namakan oleh banyak orang dan masyarakat umum adalah mata air Batang Tembesi.Gunung ini memiliki ketinggian 2935 mdpl. Untuk mendaki gunung ini kita melewati hamparan kebun penduduk nan indah yang menawarkan sisi lain dari keindahan alam.

10.Batu Larung

Batu larung berada di Desa Tanjung Kasri,  Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin. Sebagaimana tampak di gambar, batu ini menjadi  kian menarik dengan adanya relief menyerupai manusia.
Relief itu terdapat di pangkal dan ujung batu.  Pada pangkal terdapat relief berupa manusia dalam posisi kaki kangkang, tangan kiri ke bawah memegang wadah, tangan kanan ke atas.
Ini merupakan bukti kekayaan peninggalan sejarah yang ada Di Merangin.

Nah jadi Jangkat bisa menjadi tujuan wisata yang nyaman bagi kita. Merasakan sensasi alam yang sejuk dan indah. dan masih banyak lagi tempat lain yang bisa Anda kunjungi di Jangkat.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar