15 Tempat Wisata Paling Menarik di Gorontalo

shares

Wisata Menarik Gorontalo-Belakangan ini dunia pariwisata Indonesia semakin menggeliat dan menjadi favorit bagi wisatawan mancanegara terutama dari Australia, Hongkong, Singapura dan Malaysia. Bagaimana tidak pesona Indonesia memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan tempat-tempat lain dibelahan dunia.

Salah satu objek wisata yang akhir-akhir ini begitu fenomena adalah kemunculan hiu paus yang sangat jinak di Gorontalo. Wisata ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu di salah satu propinsi termuda di Indonesia ini masih tersimpan pesona wisata lainnya yang layak untuk dijadikan destinasi wisata bagi Anda dan keluarga.

Nah, berikut tempat wisata yang paling menarik di propinsi Gorontalo yang layak dijadikan destinasi wisata saat liburan :

1. Wisata Bahari Hiu Paus
Salah satu fenomena bagi dunia wisata Gorontalo adalah munculnya hiu paus (While Shark) di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango Propinsi Gorontalo. Berjarak kurang lebih 20 kilometer dari kota Gorontalo atau memakan waktu kurang lebih 40 menit perjalanan.

Akhir-akhir ini, para pesohor negeri ini berdatangan mengunjungi objek wisata ini. Bagaimana tidak, objek Wisata Bahari seperti ini rasanya hanya ada di Indonesia sehingga tak heran para turis berdatangan ke desa tersebut. Hiu paus di sini sangat jinak, salah hewan terbesar di dunia ini sangat bersahabat dengan nelayan setempat dan para turis yang datang. Bahkan Anda dapat berenang bersama hiu jinak tersebut. Ajaib memang, namun itulah sensasi berbeda yang dapat Anda rasakan.

Di sini Anda akan ditemani nelayan yang setia jadi guide ketika Anda berenang. Bersama ikan yang bersahabat ini Anda dapat berfoto. Menarik dan layak Anda jadikan tujuan utama Anda ketika berwisata ke Gorontalo.

2. Taman Laut Olele
sumber : gorontaloparadise.blogspot.com
 Taman laut ini merupakan perpaduan antara keindahan pantai dan surga bawah laut. Bagi para penyelam Taman Laut Olele merupakan surga bawah laut yang dihiasi dengan terumbu karang  dan ikan-ikan yang berneka ragam. Taman Laut Olele merupakan destinasi wisata yang berada di kawasan Bone Pesisir, Kabupaten Bone Bolango (Bonbol) dan hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Gorontalo.




3. Kolam Renang Potanga
sumber : www.bukuwisata.com
Kolam renang ini sangat cantik dan bersih. Tak heran setia harinya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah di Gorontalo. Bagi Anda yang ingin merasakan sejuknya air kolam renang, tempat ini layak Anda jadikan sebagai destinasi wisata berikutnya.

Jarak kolam renang ini sekitar 4 kilometer dari pusat kota Gorontalo. Yang menarik adalah air di kolam renang ini adalah aliran air pegunungan yang alami yang memberikan kesejukan berbeda dibandingkan kolam renang lainnya. Fasilitas di sini juga lengkap, ada pula Resort Pentadio dengan fasilitas yang lengkap seperti cottage, kolam renang dan kolam mata air panas.

4. Benteng Otanaha
sumber : amabeltravel.com
Benteng ini merupakan salah satu benteng tua yang amat bersejarah yang terletak di atas perbukitan Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat,  Kota Gorontalo yang didirikan oleh Portugis pada tahun 1522. Untuk sampai ke lokasi Benteng Otanaha, pengunjung harus mendaki dengan melewati 4 buah tempat persinggahan dan 348 buah anak tangga. Ketika sampai di puncak, rasa lelah Anda terbayar dengan keindahanan benteng,  keindahan Danau Limboto, sawah-sawah yang terbentang luas dan hijau, serta keindahan Kota Gorontalo.

5. Pasir Putih Leato
Pantai ini merupakan salah satu rekomendasi tempa wisata menarik selanjutnya di Gorontalo. Pantai ini sanat indah dengan ombak yang tenang, pasir putih dan suaseni sepi yang membuat Anda daat tenang berwisata di pantai ini. Pantai ini terletak di Leato Utara, sekitar 12 km dari pusat kota Gorontalo

6. Pakaya Tower Limboto
sumber :imgrum.net
Menara keagungan Gorontalo ini bia dibilang sedikit mirip dengan menara eiffel yang ada di Paris. Meupakan Landmark  kota Gorontalo yang memiliki ketinggian 65 meter. Menara ini sangat unik karena pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas mulai dari lantai satu yang memiliki tinggi 10 meter digunakan sebagai aula. Pada lantai setinggi 14 meter merupakan restoran. Di lantai tiga yang tingginya 30 meter digunakan sebagai tempat penjualan suvenir khas Gorontalo. Sedangkan lantai empat yang tingginya 39 meter dan lantai 5 yang tingginya 58 meter dari sini Anda dapat memandangi keindahan kota Gorontalo pada siang dan malam hari. Pada malam hari menara ini benar-benar terlihat indah dan menarik dengan lampu sorot tajam yang semakin menambah keindahan menara ini.

7. Danau Limboto
Sumber : www.beritakepo.com
Danau ini berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Gorontalo. Danau ini terletak di Kecamatan Limboto Kota Gorontalo ssat ini luasnya sekitar 2500 hektar dengan kedalaman hanya tinggal 2 meter. Meskipun semakin tahun semakin mengecil dan surut danau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Berbagai kegiatan dapat Anda lakukan di sini mulai dari memancing, lomba berperahu, atau berenang sampai menikmati ikan bakar segar yang disediakan oleh mayarakat nelayan setempat dengan harga yang relatif murah.


8. Teluk Tomini
sumber : soloraya.com
Teluk Tomini merupakan salah satu hamparan pulau-pulau indah dan menakjubkan berada sangat dekat dengan kota Gorontalo. Meskipun bukan termasuk wilayah administratif propinsi Gorontalo, Teluk Tomini sangat dekat dari kota Gorontalo hanya menyeberang menggunakan ferry dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit  dengan biaya Rp89.000,- sampai dengan Rp100.000,-
Banyak wisatawan yang berdecak kagum dan menjuluki Tomini sebagai surga kecil nan indah. Bagi para penyelam karang dan keajaiban bawah laut Tomini merupakan surga bagi mereka. Tak heran banyak wisatawan datang ke Tomini untuk menikmati keajaiban bawah lautnya.


9. Pantai Bolihutuo
sumber : moniceoktavina.blogspot.com
Pantai nan indah dan terpopuler ini, dapat Anda jadikan tempat berlibur yang nyaman bagi Anda. Pantai Bolihutuo terletak di Kecamatan Tilamuta diresmikan dengan nama Objek Wisata Boalemo Indah. Menuju lokasi ini Anda dapat menempuh jalan lintas Sulawesi yang berjarak kurang lebih 130 km. Sesampai di pantai ini Anda akan terkagum-kagum melihat pemandangan indah di hadapan Anda. Gulungan omba, pohon pinus laut dan pasir putih akan memukau setiap pengunjung yang datang. Tak heran, pantai ini dijadikan objek wisata andalan di Kabupaten Boalemo.


10. Desa Suku Bajo
sumber : karongkiadventure Instagram
 Desa Torosiaje itulah nama kampung eksotis yang dihuni oleh suku bajo  yang terletak di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato berjarak tujuh jam perjalanan ke arah barat dari Kota Gorontalo. Berlibur di desa ini merupakan salah satu pengalaman berharga bagi siapa saja yang merasakannya. Kehidupan masyarakat Bajo yang bersahaja dan keindahan serta kekayaan laut teluk tomini akan membuat Anda betah berlama-lama di desa ini. Untuk fasilitas dan Akomodasi desa ini Anda tak perlu khawatir, karena dinas pariwisata setempat telah menyiapkan penginapan dengan biaya Rp100.000, permalam. Kampung ini merupakan kampung yang indah dan benar-benar layak Anda kunjungi



11. Bukit Layang Gorontalo
sumber : imgrum.net
Bukit layang, sebuah bukit di pinggiran kota Gorontalo yang akan memperlihatkan kepada Anda betapa indahnya kota Gorontalo dar ketinggian. Terletak di Kecamatan Hulonthalangi Kelurahan Siendeng, bukit ini memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi Anda. Lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan dari bukit ini.

 12. Pulau Diyonumo
Pulau Diyonumo terletek di Desa Deme 2 Kecamatan Sumalata, Gorontalo Timur. Pulau ini sangat indah dan masih sepi pengunjung. Selain itu bebas sampah dan penat karena belum terjamah oleh banyak orang. Bukit-bukit indah di pulau ini merupakan salah satu daya tarik dari pulau ini.  Sesampai di sini Anda pastinya tak akan ketinggalan mengabadikan gambar dari atas bukit dengan latar belakang pulau-pulau dan birunya laut. Untuk akses ke pulau ini memakan waktu 2- 3 jam dari kota Gorontalo.

13. Pulau Cinta
Pulau nan romantis ini bernama pulau Cinta yang membuat Anda merasakan suasana laut yang sulit tergambarkan. Rasanya pulau ini layak disejajarkan dengan Lombak dan Bali karena benar-benar menakjubkan.
Sangat layak dijadikan tujuan bagi para pengantin baru yang ingin berbulan madu. Tak usah jauh-jauh ke Maladewa karena di Indonesia rasanya juga ada tempat-tempat yang jauh lebih romantis seperti pulau ini. Untuk Menuju ke Lokasi ini Anda akan menempuh 2 Jam perjalanan darat dari kota Gorontalo menuju ke Kabupaten Boalemo,  tepatnya Kecamatan Tilamuta. Sesampainya di tempat Objek wisata Bolihutuo anda bisa menyewa jasa perahu untuk bisa ke pulau cinta ini.
Pulau ini menyediakan resort yang indah, sangat cocok bagi Anda yang ingin berbualan madu. Untuk biaya Anda cukup mengeluarkan kocek sekitar 3 juta sampai dengan 5 jutaan.


14. Desa Bongo
sumber instagram by @galuhzakaria19
Desa Bongo merupakan desa unik dengan nuansa islami yang terletak di wilayah Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Merupakan desa wisata religius yang sangat menawan dan  tepat untuk Anda kunjungi. di Desa ini terdapat pesantren dengan arsitektur bangunan unik. Selain itu, budaya dan kearifan lokal di desa ini layak menjadi tujuan wisata bagi Anda. Desa ini selau ramai dikunjungi para wisatawan terutama pada peringatan maulid nabi karena pada waktu itu banyak kegiatan budaya yang dilakukan di desa ini yang sangat menarik.



15. Pulau Sorande 
sumber : www.liburmulu.com
Pulau nan menawan ini merupakan objek wisata unggulan yang ada di Gorontalo. Sulit digambarkan bagaimana indahnya pulu mungil yang disebut-sebut surga bagi mata para wisatawan. Pulau cantik Sorande terletak di utara Teluk Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara ini dikenal luas mampu memikat hati para turis domestik maupun mancanegara. Di pulau ini selain menikmati keindahan pantai, Anda juga dapat berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, dan ski air.

Pesona Gorontalo benar-benar indah, layak dijadikan sebagai propinsi yang harus Anda kunjungi karena tidak kalah dengan Bali dan Batam. So, tunggu apalagi segera kunjungi propinsi Gorontalo.


Baca Juga Telaga Biru dan Air Terjun Tujuh Tingkat Pesona Wisata Jangkat Merangin yang Paling Menarik dan Menakjubkan

Related Posts

1 komentar

  1. terimakasih infonya sangat menarik, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2PFnTLA

    BalasHapus