6 Objek Wisata Paling Menarik di Dairi Sumatera Utara

shares

Wisata Dairi-Dairi merupakan salah satu kabupaten yang memiliki keindahan alam yang mempesona di Sumatera Utara. Kabupaten yang memiliki ibukota Sidikalangi ini merupakan salah satu kabupaten tertua di Sumatera Utara.

Dari Kualanamu International Airport Kabupaten Deli Serdang berjarak 174 kilometer melalui tol Sidikalang-Medan dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan.

Dairi memiliki pesona khas, kearifan lokal dan keindahan alam yang membuat pengunjung betah berada di daerah ini. Terdapat beberapa objek wisata menarik yang sayang untuk Anda lewatkan. 

Apa saja tempat-tempat menarik tersebut, berikut Bang Mamad pilih untuk menjadi referensi perjalana wisata Anda.

1. Panorama Puncak Sidiangkat


sumber : sportourism.id
Puncak Sidiangkat terletak di erada di Km 7 Jl. Sidiangkat – Aceh Selatan, Kec. Sidikalang, 7 Km dari Kota Sidikalang.

Panorama dipuncak Sidiangkat begitu menakjubkan dengan hamparan pepohonan hijau dan bebukitan. Selain itu, pada saat sore hari matahari senja membuat suasana puncak Sidiangkat terasa begitu syahdu dan romantis.

2. Air Terjun Lae Pendaroh
 
a photo by @@medanwisata via imgrum

Air Terjun Lae Pendaroh terletak persis di pinggir jalan lintas propinsi yang menghubungkan Sidakalang Berastagi.

Terletak di Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, berjarak 11 Km dari Kota Sidikalang.

Keunikan air terjun ini adalah airnya dapat berubah warna menjadi kemerahan saat hujan turun.

Sekeliling objek wisata ini adalah pepohonan rndang dengan hawa yang amat sejuk.

Sebagai objek wisata unggulan, tempat ini sudah terkelola dengan baik dan bersih. 

3. Hutan Wisata Lae Pondom 
sumber : forum.detik.com
Hutan hijau nan asri ini memiliki berbagai keanekaragaman hayati yang begitu beragam. Berada di tempat ini Anda akan merasakn suasana sejuk khas hutan yang begitu meneangkan.

Kawasan hutan wisata ini terbilang cukup lengkap. Tersedia bangku-bangku sebagai tempat duduk, toilet dan tempat peristirahatan bagi pengunjung. 

4. Rumah Adat Pakpak


sumber : batak-network.blogspot.com

Nah ini dia salah satu rumah adat unik yang dapat Anda kunjungi karena kaya nilai sejarah suku Pakpak. Terletak di Sidikalang Ibukota kabupaten Dairi. Rumah adat pakpak sangat kaya nilai filosofis para leluhur suku pakpak.

5. Panorama Lae Nauli 


sumber : tanobatak.wordpress.com
Panorama idah selanjutnya adalah panorama  lae Nauli. Puncak bukit yang indah untuk menikmati udara segar dan bersantai.

6. Air Terjun Lae Basbas

sumber : anthonynh.blogspot.com
Air terjun sangat indah, dikelilingi hutan lebat nan asri. Air terjun ini terletak di Kecamatan Tiga Lingga berjarak 26,4 kilometer dari Sidikalang melalui Jl. Lintas Sidikalang - Takengon.

Itu dia tempat-tempat pilihan yang dapat kamu kunjungi di kabupaten dairi. Masih banyak tempat-tempat lain yang tak kalah indah seperti Danau Di atas Gunung Kempawa,  Panorama Letter "S" dan Taman Iman Wisata Sitinjo, Panorama Gua Dalam/ Panjang Kendet Liang, Panorama Silemboyah, panorama Kangkung, Uruk Sembelin, Mata Lae Bonian serta Batu Kerbo.
Baca juga 

Related Posts

2 komentar: